Thursday, July 31, 2008

Alicia Keys Keberatan Sponsor Rokok

SUARA PEMBARUAN DAILY
--------------------------------------------------------------------------------

Alicia Keys Keberatan Sponsor Rokok

enyanyi R&B Alicia Keys keberatan dengan keterlibatan sebuah perusahaan rokok, PT HM Sampoerna yang tergabung dalam A Mild Live Production, dalam konser As I Am World Tour 2008, di Plenary Hall Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (31/7) malam. Ia merasa konser tunggalnya menjadi sarana mempromosikan rokok kepada masyarakat dan anak-anak di Indonesia.

A Mild Live Production, seperti yang dilansir BBC dan Fox, Rabu (30/7), merupakan sponsor terbesar konser As I Am World Tour 2008. Terlibatnya perusahaan rokok dalam konser tersebut, sangat bertolak belakang dengan kegiatan kampanye untuk kesehatan anak yang saat ini digeluti Keys. Menurut seorang juru bicara dari Campaign for Tobacco- Free Kids, Keys masih terlibat dengan kampanye Keep A Child Alive, yakni aksi peduli pada kesehatan anak dari HIV/AIDS di negara miskin.

Terkait dengan keterlibatan A Mild Live Production dalam konser As I Am World Tour 2008, Keys telah meminta pihak perusahaan rokok untuk menanggalkan semua brand dalam konsernya. Artinya, dalam promosi dan saat konser berlangsung, brand A Mild Live Production akan dihilangkan.

"Saya minta maaf pada organisasi antirokok, karena secara tidak langsung konser As I Am World Tour 2008 membantu perusahaan rokok mempromosikan produknya. Saat mengetahui keterlibatan perusahaan rokok dalam konser, saya telah meminta negoisasi ulang. Sayangnya, promosi telah berjalan sebulan sebelum konser," papar Keys.

Sementara itu, Philip Morris dari Philip Morris International yang merupakan pemilik sebagian besar saham PT HM Sampoerna Tbk menyatakan, tidak keberatan atas teguran yang dilayangkan organisasi antirokok tersebut. Morris menjelaskan, dalam setiap poster konser As I Am World 2008 telah dilengkapi dengan pemberitahuan akan bahaya merokok.

"Perusahaan rokok sejak dulu selalu ambil bagian dalam konser-konser musik di dunia. Namun, kami tetap konsisten memberikan penjelasan akan bahaya merokok," papar Morris.

Ditambahkan Morris, konser Keys dalam As I Am World Tour 2008, di Jakarta akan tetap berlangsung sesuai jadwal. Namun, sesuai perjanjian, brand produk rokok di beberapa bagian kemungkinan dihilangkan.

Sementara itu secara terpisah, humas dari promotor konser Rinny Noor Production (RNP) Ria H Drajat juga menegaskan, tidak ada masalah terkait sponsor rokok. Ria mengaku pihak RNP tidak mendapat informasi keberatan Keys, terlebih lagi, tiket untuk konser Keys sudah terjual habis. Tiket untuk konser As I Am World Tour 2008 berkisar Rp 750.000 sampai Rp 3 juta.

"Dipastikan, konser akan berlangsung sesuai jadwal," ujar Ria saat dihubungi SP melalui telepon selulernya. [EAS/U-5]

No comments: