Saturday, July 12, 2008

Strategi Marketing Celebrity Fitness,Fitness First, Gold Gym Indonesia

Sebagai penguna jasa Celebrity Fitness di Jakarta. Celeb Fitness sebagai pelopor fitness life style di Jakarta yang sukses. Strategi mengundang orang orang untuk mencoba Fasilitas gratis dan dengan membuka harga tinggi dulu kemudian menurunkan harga penawaran. Biasanya konsumen diikat dengan perjanjian selama satu tahun memakai Credit card.
Hal yang positif yang dapat ditarik:
1. Memotivasi gaya hidup sehat
2. Jam buka yang panjang.
3. Memacu semangat olah raga.
4. Bisa ketemu artis Indonesia


Hal yang negatif:
1. Strategi yang agak memaksa orang ikut member club.
2. Terikat satu tahun dan denda Rp.500.000 saat akan berhenti, tanpa menjelaskan pada saat bergabung
3. Fitness consultant yang setelah menjual ke customer. Bila customer ingin berhenti agak tidak perduli.
4. Member memakai kartu kredit BCA yang terikat 15 bulan.Tidak bisa berhenti.
5.House musik yang terlalu kencang. Target Market hanya cocok untuk generasi 18-35 tahun.
6. Para member yang terikat setahun yang ingin berhenti tidak mau perpanjang lagi karena pengalam buruk
7.Jam kerja bagi konsultan terlalu panjang melebih jam kerja depnaker, Sales manager terlalu kejar target.
8.Pengantian staff yang tinggi terutama sales consultant.


Hal yang perlu diperbaiki:
1. Trainer yang tidak hanya melayani karena motivasi uang. Karena semua customer perlu dilayani dengan baik.
2. Sales consultant yang hanya mengejar target. Ketika customer ingin mentransfer kartunya atau menjual kartunya mesti dibantu. After service sales tetap ada bukan cuek saja.

Fitness first.
Strategi agak fleksibel dengan program 3 bulan tidak terlalu mengikat walau harga agak mahal sedikit.
Musik agak tidak berisik, cocok semua kalangan
Ada fasilitas kolam renang, bisa sewa DVD dan nonton DVD gratis.

Gold Gym
Pada awal promosi, harga agak murah dengan paket promosi.
Karena banyak ex staff dari Celebrity fitness yang pindah kesana.
Meniru gaya mengikat satu tahun dan denda Rp.500.000

Saran saya manajemen fitness harus memberi pelayanan yang win win solution bagi customer.
Bagi teman yang punya pengalaman ketiga Fitness center harap memberi komentar anda.Forum ini sebagai wadah bagi para marketing dan business konsultan untuk memperbaiki strategi bisnis.Menurut anda mana yang paling anda anggap terbaik.
Saya tunggu komentar anda semua.

5 comments:

Unknown said...

saya mengalami kesulitan untuk menutup membership di GG.
katanya tidak bisa ditutup karena sdh membayar 1tahun didepan. alasan saya menutup krn saya pindah ke kota yg tidak ada GG nya.
kata manager area GG, saya akan dihubungi tapi dari Oktober 13 sampai april 2014 tidak ada itikad baik dari mereka.
sales dan manager lepas tangan

Unknown said...

Saya juga kena denda 500rb. Di gg apa sqya harus datang?

Unknown said...

Saya juga kena denda 500rb. Di gg apa sqya harus datang?

Unknown said...

Ga perlu datang.
Atas dasar apa gg mendenda anda?
Sepertinya kalo ga dibayar, anda di blacklist di gg.
Ga bisa jadi member lagi di gg sebelum dendanya dibayar

Unknown said...

Cara keluar dari gg gimana ya gan? Saya ga nyaman bngt soalnya tiap latihan ditawari PT terus, terlebih saya sudah nyaman dengan workout di senayan & muay thai...hasilnya lebih ada ketimbang ngegym.

Bayar 500rb saja atau ada biaya tambahan lain? Mohon bantuannya