Monday, October 20, 2008

Karyawan Garuda Dapat Jatah Kuburan Mewah

Pemakaman Modern San Diego Hills Memorial Park (SDH), perusahaan yang bernaung di bawah PT Lippo Karawaci Tbk, Selasa (24/6), menjalin kerja sama dengan Koperasi Karyawan Garuda Indonesia yang beranggotakan sekitar 8.500 orang dalam pernyediaan lahan pemakaman. Ini merupakan kerja sama ketiga dengan pihak lain. Sebelumnya San Diego Hills bekerja sama dengan koperasi karyawan PT Pertamina dan Yayasan Dana Pensiun Bank Indonesia.
Ketua Umum Koperasi Karyawan Garuda (Kokarga) Joni Gusmali AS mengatakan, penyediaan lahan makam ini berlaku untuk seluruh anggota Koperasi Karyawan Garuda, para keluarga dan keluarganya, juga seluruh anggota dari setiap yayasan dan organisasi lain yang bernaung di bawah Garuda Indonesia.

Presiden PT Lippoland Club Suziany Japardy mengatakan, kerja sama ini memberikan solusi terbaik atas masalah ketersediaan lahan pemakaman yang kini sangat terbatas, terutama di wilayah Jabodetabek. Head of Corporate Communications PT Lippo Karawaci Tbk Danang Kemayan Jati mengatakan, di Jakarta setiap hari ada 110 orang yang meninggal, mengutip data Dinas Pemakaman DKI Jakarta, sementara lahan pemakaman di Jakarta tak pernah berkembang. "Lagi pula lahan pemakaman di DKI Jakarta kumuh, suram, dan tak aman," kata Danang.

SDH seluas 500 hektar berlokasi di Karawang Barat Km 46. Sejak diperkenalkan kepada publik tahun 2007, minat masyarakat sangat besar. Tahap pertama 25 hektar sudah terjual habis. untuk keluarga Muslim Rp 8,5 juta (1,5 x 2,6 m) di Heavenly Garden atau Roudatul Jannah dan keluarga Kristen/Katolik Rp 5 juta ( 1 m x 2,6 m) di lokasi Garden of Creation.

Bulan lalu diluncurkan kembali lahan seluas 25 hektar khusus untuk pemakaman China (Garden of Prosperity and Joy). "Ini sudah terjual 65 persen. Harga per unit atau single garden Rp 30 juta, semi private 4 x 6 m (Rp 250 juta), dan private 6 x 6 m (Rp 380 juta)," kata Suziany.

Menurut Danang, fasilitas SDH adalah danau seluas 8 hektar dengan perahu dayung, kapel untuk upacara pemakaman, gedung pertemuan dengan kapasitas 250 kursi, restoran Italia dengan interior indah, fasilitas olahraga seperti kolam renang, jogging track, olahraga sepeda, giftshop untuk keperluan pemakaman, dan marketing office dengan suasana country club.

"Suasana makam bukan suasana seram agar bisa bertemu dengan semua anggota keluarga. Ada fasilitas penginapan di sini. Jadi ada fasilitas rekreasi. Sangat berbeda dengan suasana pemakaman umumnya selama ini. Keamanan pun 24 jam dijaga satpam. Dijamin tak ada penggusuran dan bebas biaya perawatan," kata Danang.

No comments: