Monday, October 20, 2008

Kelezatan Italia di San Diego Hills







angan menyangka bahwa San Diego Hills yang disebutkan dalam judul di atas letaknya berada di Negeri Paman Sam. Kawasan yang dimaksud letaknya ada di Indonesia, lebih tepatnya di Karawang. Di sana, ada sebuah restoran yang menawarkan berbagai kelezatan kuliner Italia seperti pizza dan berbagai olahan pasta, seperti spaghetti dan lasagna. Walau restoran yang diberi nama La Collina tersebut bernuansa elegan dan modern, harga-harga hidangan lezat yang ditawarkan ternyata tidaklah mahal.

Dalam sebuah kunjungan ke San Diego Hills Memorial Park and Funeral Homes yang terletak di atas lahan seluas 500 hektare tersebut baru-baru ini, SP bersama rombongan berkesempatan menyambangi La Collina. Dari luar, terlihat jendela-jendela kaca yang lebar dan pintu kaca tembus pandang bergayakan arsitektural Eropa menghiasi bangunan restoran dengan apiknya.

Bagian dalam restoran yang terletak di tepi danau buatan ini pun ternyata tak kalah menarik. Ketika memasuki La Collina, terlihat meja dan kursi yang tertata dengan rapi dan elegan. Letak antar meja yang tidak berdekatan pun memberikan privasi tersendiri bagi masing-masing pengunjung.

Kami lalu ditemui oleh Direktur San Diego Hills, Suziany Japardy. Setelah memesankan berbagai hidangan untuk kami cicipi, Suziany pun menjelaskan seluk beluk La Collina kepada rombongan kami.

Menurutnya, restoran yang memiliki kapasitas maksimal 200 orang ini memang lebih ditujukan sebagai fasilitas bagi para peziarah San Diego Hills. Namun, masyarakat umum yang tidak melakukan ziarah pun dapat merasakan kelezatan berbagai hidangan yang disediakan di tempat ini. Ia mencontohkan bahwa banyak eksekutif dari berbagai perusahaan yang berada di Karawang menjamu rekan-rekannya di La Collina.

Suzianty juga menjelaskan bahwa dipilihnya hidangan Italia sebagai sajian restoran ini adalah karena belum adanya restoran yang serupa di Karawang. Ia juga menambahkan bahwa hidangan Italia pada umumnya sudah cukup diterima oleh masyarakat Indonesia.

"Kalau kami menyediakan masakan Sunda, tentu harus bersaing dengan berbagai restoran serupa yang ada di Karawang. Lagipula, hidangan khas Italia seperti spaghetti dan pizza telah diterima oleh lidah orang Indonesia," papar Suzianty.

Manajer Leisure Center San Diego Hills, Budiyanto TM menyebut bahwa menu favorit restoran itu adalah Quartro Stagioni. Kami kemudian mencicip hidangan pembuka, Fritto Misto. Hidangan ini berupa udang, cumi-cumi, dan ikan gindara yang dimasak secara deep fried dan dinikmati dengan saus tartar.

Tentang Quartro Stagioni, sajian ini berupa pizza tipis khas Italia dengan topping jamur champignon, daging ayam asap, keju mozzarella, potongan buah zaitun dan daun artichoke.

"Kami merekomendasikan Quartro Stagioni kepada para pelanggan. Rasanya yang khas Italia menjadi alasan mengapa kami mengedepankan hidangan tersebut. Biasanya, setelah merasakan kelezatan Quartro Stagioni, para pelanggan akan memesan kembali hidangan tersebut ketika berkunjung ke La Collina kembali," jelas Budiyanto.

Yang membuat rasa pizza itu istimewa adalah daging ayam asap yang diproses secara khusus. Ketika digigit, daging tersebut membaur sempurna dengan rasa dominan keju mozzarella. Daun artichoke yang diimpor langsung dari Italia juga memberi rasa khas Italia kepada pizza ini.

Hidangan berikut yang kami coba kelezatannya adalah Calzone Bolognese. Isi Calzone yang berupa jamur champignon, bawang putih dan meat sauce dibungkus oleh lapisan roti. Walaupun ketika disentuh terasa dingin, isi Calzone tetap hangat karena panas terperangkap lapisan roti.

Selain berbagai hidangan yang telah kami coba, La Collina juga memiliki hidangan istimewa lainnya. Sebut saja gindara alla griglia con ragout di cannellini e salsa verde yang berupa ikan gindara panggang yang disajikan dengan ragout plus kacang putih. Ada juga controfiletto di manzo alla pizzeole yang berupa daging bistik panggang impor Australia saus Napolitan yang disajikan bersama potongan baby potato, green bean, brokoli, dan zucchini.

Bagi yang tidak suka makanan yang diolah ala Italia, restoran yang berada di bawah manajemen Aryaduta ini juga menyediakan berbagai makanan Indonesia, seperti sup buntut, mi goreng, dan tumis campur.

Untuk hidangan pencuci mulut, restoran ini menyediakan berbagai macam buah-buahan, kue, dan es krim ala Italia, gelato yang ditawarkan dalam berbagai rasa. Aneka kue yang ditawarkan adalah tiramisu, pizza dolce (pizza dengan topping selai kacang, pisang, cokelat dan keju), dan tirle al formaggio (kue keju dengan saus stroberi). [SRA/N-5]

No comments: